Minggu, 03 Oktober 2021



 

Keseruan Mengisi TTS di Kelas

 

Hari ini siswaku aku beri media pembelajaran dengan mengisi Teka Teki Silang istilah kerennnya crossword puzzle.

 

TTS adalah permainan merangkai kata yang dimasukkan dalam kotak -kotak kecil dan biasanya kotak-kotak itu mempunyai  dua jalur yaitu menurun dan mendatar. 

 

Aku tidak menyangka ternyata siswaku sangat antusias sekali dan begitu asyik dengan media ini, karena baru pertama kali ini aku memberikan lembar kerja  dengan Teka teki silang dan media ini seakan sebuah permainan yang menantang buat mereka  untuk menambah semangat mereka bekerja  aku janjikan hasil dari pengerjaannya  akan djadikan sebagai  nilai  penilaian tengah semester, dan ternyata benar mereka semakin semanga berusaha  menjawab dengan benar.



Untuk memudahkan pengerjaan tugasnya aku berikan secara kelompok, satu kelompok terdiri dari dua anak, jadi satu bangku satu lembar kerja Teka Teki Silang dan aku berikan kebebasan kepada mereka untuk membuka buku materi pelajaran.

 

Awal pembelajaran mereka sangat tenang dan  begitu serius dalam  mengerjakan, tampak sekali kesibukan mereka mencari jawaban yang sesuai dibuku materinya.  Keantusiasan mereka denga media teka teki silang ini  terlihat sampai  tidak perduli dengan kesibukan dari teman-teman yang lainnya mereka tidak ingin jawabannya salah dan jawabannya yang  benar jangan sampai terlihat  oleh teman di bangku lain.

 

Di separuh perjalanan kegiatan pembelajaran aku  perhatikan mereka mulai gelisah karena kata-kata  yang dimasukkan dalam kotak -kotak kecil itu  sudah mulai ada yang tidak cocok geli juga memperhatikan perubahan  tingkah mereka, kebingungan mulai terlihat dengan sikap  tengok kanan dan kiri sambil memberi kode meminta jawaban terlihat olehku yang lagi sibuk  mengoreksi hasil ulangan pertama mereka.

Dan tanpa disadari mereka sudah berkumpul menjadi satu  kelompok kerja mencari jawaban bersama.

Ada yang marah karena jawabannya salah yang dia dapatkan

Ada yang memohon kepadu agar jawabannya bisa di hapus karena sebelumnya sudah ada perjanjian tidak boleh ada tipex, tidak boleh sampai kotor.

Melihat kondisi keriuhan mereka aku akhirnya berkomentar kepada mereka,

" Looo… katanya hari ini PTS," dan sontak kegaduhan itu menjadi sepi dan berjalan perlahan mereka  duduk  kembali di bangkunya  masing masing sambil tersenyum malu  karena sudah aku tegur, akhirnya mereka kembali memikirkan jawaban TTS tersebut dengan tersenyum malu-malu kepada ku.

 

Aku kembali  lagi asyik  duduk di meja guru sambil mengoreksi hasil ulangan pertama mereka,  dan ini  diambil kesempatan lagi oleh siswaku untuk saling bertanya lagi kepada temannya mencari jawaban.  Akhirnya ada yang nyeletuk “ katanya PTS”

“ha haa haa” aku juga tertawa dengan celetukan salah satu siswaku itu.

 

Entah bagaimana jadinya nilainya  mereka sebab jawaban mereka adalah jawaban rombongan sepertinya perlu membuat soal baru buat PTS

Maafkan ibu, karena sudah menggagalkan PTS hari ini.

1 komentar:

 PEMBELAJARAN DIFERENSIASI POKOK BAHASAN KEBUTUHAN Mengapa harus diferensiasi? Sebagai seorang guru sudah menjadi bagian dalam proses kegi...