Senin, 20 September 2021

 

AKU JADI ORANG MADURA

Bahagia buatku sangatlah sederhana.  Aku ingin berada di sisi ibu dan bapak kandungku  aku ingin berada di pelukan mereka berdua.   Keadaan ekonomi keluarga  menyebabkan aku harus menerima sebuah kenyataan berada dalam sebuah keluarga yang hanya mengenal diriku dari sebuah kata “ kamu disini menumpang hidup”  kenyataan ini  harus aku terima, karena memang inilah kenyataannya.  Jika keluarga ini mau menyadari mengapa aku harus berada disini aku yakin tidak akan pernah keluar kata-kata itu dari mereka, karena hati kecilku masih merasakan sayang dari mereka.

Saat ini aku sangat merasakan sakit, lelah, dan semangat menyatu dalam diri walau tidak ada orang yang mengerti, tidak ada orang yang bisa memahami,  aku  sendiri yang harus  bisa memahami, berdamai dengan hati, berdamai dengan sebuah kenyataan hidup sebagai seorang  anak yang  hanya menumpang hidup.

Aku tidak memahami  alur cerita keluargaku, yang  aku aku tahu semua berdasar pada masalah  ekonomi.  Aku hanya mendengar cerita ini dari bapak dan ibu angkatku yang baru aku sadari sejak aku berada dibangku sekolah dasar kelas dua mereka bukanlah orang tua kandungku. Ibu angkatku  menceritakan bapak dan ibuku dulu bercerai pada waktu aku dalam kandungan ibu.  Aku dilahirkan di pulau Jawa kedua orang tua kandunggku berasal dari suku Jawa dan tinggal di pulau Jawa.  Aku   dilahirkan tanpa di dampingi oleh seorang bapak, dia  pergi meningagalkan ibu dalam kondisi hamil aku.  

Sejak Ibu dan bapakku bercerai, ibu mencari nafkah sendiri. Ketidak mampuan ibu memikul beban ekonomi , aku dijual ke orang Madura.  Jadilah aku orang suku Madura sampai saat ini.  Kesibukan ibu mencari nafkah untuk membiayai keluarga kecilnya  tidak mencukupi kebutuhan hidupnya, sehingga kakak pertamaku juga diberikan kepada keluarga Madura.  Dua kakak perempuanku masih tinggal di Jawa Bersama ibuk kandungku.  

5 komentar:

 PEMBELAJARAN DIFERENSIASI POKOK BAHASAN KEBUTUHAN Mengapa harus diferensiasi? Sebagai seorang guru sudah menjadi bagian dalam proses kegi...