PEMBELAJARAN DIFERENSIASI POKOK BAHASAN KEBUTUHAN
Mengapa harus diferensiasi?
Sebagai seorang guru sudah menjadi
bagian dalam proses kegiatan pembelajaran untuk memahami keberagaman siswa baik dalam
hal minat belajar, kebiasaan, ketertarika, kesiapan siswa untuk belajar maupun bakatnya. Mengapa hal ini melekat pada setiap individu
siswa tak lain karena setiap anak terlahir dari latar belakang keluarga yang
bebeda.
Bagaimana bapak ibu menyikapi ini
dalam proses kegiatan pembelajaran, maka diperlukan metode diferensiasi dalam proses
pembelajaran agar setiap siswa bakat dan minatnya terwadahi dengan baik, jadi
salah jika bapak dan ibu menyamaratakan
kemampuan dan keahlian siswa.
Menurut Areds gaya belajar setiap siswa memiliki perbedaan
sesuai dengan perkembangan kognitifnya (Areds, 2008).
Dari pemahaman di atas dapat
diartikan bahwa pembelajaran berdiferisiasi adalah pembelajaran dimana guru dalam kegiatan pembelajaran
menyesuaikan dengan minat belajar siswa sehingga prestasi siswa dapat tercapai.
Di bawah ini contoh penerapan pembelajaran
diferensiasi pada materi IPS dengan pokok bahasan kebutuhan dengan model
pembelajaran Problem Based Learning
No. |
Banyaknya kebutuhan |
Kebutuhan berdasarkan
tingkatannya |
No. |
Urutan kebutuhan
menurut intensitasnya |
||
Primer |
Sekunder |
Tersier |
||||
1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. |
|
|
|
|
|
|
Langkah-langkah kegiatan:
1.
Siswa
menuliskan macam-macam kebutuhannya
2.
Siswa
diminta untuk menentukan tingkat kebutuhannya
3.
Siswa
diminta untuk mengurutkan kebutuhannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar